Tari topeng Indramayu dan Cirebon

 

Assalamualaikum wr wb. 

Perbedaan tari topeng Indramayu dan Cirebon 



Kita semua tau bahwa indramayu memiliki kesenian tari topeng,tapi apakah pernah saat kalian liat postingan atau memposting tari topeng dengan caption indramayu di sosmed atau di manapun, ada yg comment "lho tari topeng itu kan cirebon", nah di postingan ini saya akan menjelaskan sedikit asal usulnya dan perbedaanya,agar kita tau mana punya kita mana punya tetangga.. Lanjut.


Tari topeng indramayu berasal dari tradisi dilingkungan Istana Kacirebonan sebagai acara kerajaan, misalnya penyambutan tamu raja. Lama kelamaan, tari ini diminati masyarakat di luar keraton sampai menyebar ke tanah Indramayu.

Tari istana lantas berubah fungsi menjadi tari rakyat. Sekalipun antara Keraton Cirebon dan tradisi Indramayu bertopeng sama, bentuk dan tokohnya, namun gaya dan gerak tarinya sangat berbeda.



Apa yang membedakan tari topeng indramayu dengan tari topeng dari daerah Cirebon?

Banyak hal yang menjadi pembeda antara tari topeng Indramayu dengan tari topeng Cirebon dan itu menjadi ciri khas dari daerah masing-masing. Sebenarnya keberadaan tari topeng di daerah Indramayu terjadi karena penyebaran pengamen/seniman topeng dari Cirebon ke Indramayu, jadi bibit tari topeng Indramayu itu dari Cirebon. Tetapi sang maestro tari topeng yang bernama mimi Rasinah memberikan ciri khas terhadap tari topeng itu dengan gayanya sendiri, dan perbedaan yang spesifik yapat dilihat dari kai. batik yang dipakai, indramayu punya batik paoman dan itu dijadikan salah satu aksesoris oleh mimi Rasinah. Dan perbedaan yang lainya juga bisa dilihat dari bentuk topengnya, mulai dari ukirannya, dan warnanya, sampai penamaan pada topeng tersebut.

Bila tari Topeng Cirebon berisi gerak Tari Topeng Panji, Samba, Tumenggung, dan Kelana, pada Tari Topeng yang dikembangkan di Indramayu ini ada gerak lain, di antaranya ada Samba Merah, Samba Udeng, dan Rumyang.


Kebudayaan dan kesenian setiap daerah pasti memiliki perbedaan, dan justru itu yg membuat indonesia ini kaya akan seni dan budaya, seharusnya kita bukan hanya jadi penonton saja,mari kita jaga dan lestarikan kesenian dan budaya kita..

Photo by @nugrosapto


Sumber: Balai pelestarian Nilai Budaya Bandung, wikipedia, skrip yulfiana,



SELESAI

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel